Rabu, 12 September 2012

Waduh, Air Dingin Bisa Sebabkan Serangan Jantung


SALAH satu penyebab menurunnya kesehatan seseorang adalah pola makan yang salah. Salah satunya adalah adalah kebiasaan minum air dingin setelah makan. Menurut penelitian, minum air dingin setelah makan akan membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi.

Kebiasaan minum minuman dingin setelah makan akan mempersempit saluran usus. "Minum air dingin usai makan memang terasa enak, misalnya cola dingin, es teh manis, es krim atau es sirup. Tapi, hal itu justru berakibat fatal karena kondisi dingin akan membekukan makanan berminyak yang baru dimakan dan akan memperlambat proses pencernaan," ujar Grace Ratue, seperti dilansir dari medicalnewstoday, Selasa (11/09).

Menurutnya, kondisi dingin akan mengubah minyak menjadi lemak. "Bila lemak-lemak terbentuk dalam usus, ia akan mempersempit saluran pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul sehingga kita semakin gemuk atau menuju ke arah munculnya berbagai penyakit," papar Ratue.

Ia menyarankan untuk membiasakan minum air hangat setelah makan. "Kurangi kebiasaan minum minuman dingin, baik yang telah didinginkan di kulkas atau dicampur es. Minuman yang dingin juga bisa mengakibatkan saluran-saluran darah mengkerut, yang diduga bisa menjadi penyebab penyumbatan saluran koroner," tandas Ratue.

Sumber :http://indonesiarayanews.com/news/kesehatan/09-11-2012-15-16/waduh-air-dingin-bisa-sebabkan-serangan-jantung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar