Minggu, 02 September 2012

Video helikopter bertenaga manusia pecahkan rekor dunia



Dulu ilmuwan sekaligus seniman kenamaan Italia, Leonardo da Vinci, pernah menggambar rancangan helikopter bertenaga manusia. Dalam bayangan pelukis 'Monalisa' itu, kendaraan masa depan itu seperti sepeda bisa melayang.

Meski sekarang helikopter telah banyak diproduksi dan menjadi salah satu kendaraan pengangkut maupun tempur populer, rupanya masih ada beberapa ilmuwan berambisi membuat kendaraan berciri khas baling-baling seperti bayangan da Vinci. Bahkan, ada kompetisi khusus membangun helikopter tanpa bahan bakar minyak sejak 1980 dengan nama AHS Sikorsky Prize.


Video helikopter bertenaga manusia pecahkan rekor dunia


Sekelompok mahasiswa jurusan teknik aeronautika dari Universitas Maryland, Amerika Serikat berupaya memenangkan perlombaan itu. Dengan nama Proyek Gamera, mereka membuat helikopter yang dikayuh seorang pilot dan mampu memecahkan rekor dunia.

Percobaan terakhir mereka lakukan pada lima hari lalu di salah satu gudang serbaguna kampus. Video upaya mereka direkam lantas diunggah ke situs Youtube.

Helikopter manusia itu memiliki rangka utama seperti sepeda, dengan dua baling-baling besar di ujung kanan dan kiri. Pilot bernama Henry Enerson mengayuh sekuat tenaga sampai akhirnya kendaraan itu naik pelan-pelan hingga mencapai ketinggian 2,5 meter.

Upaya para mahasiswa ini memecahkan rekor dunia, sebagai jarak tertinggi yang bisa dicapai helikopter bertenaga manusia. Tahun lalu, tim Gamera juga telah memecahkan rekor berhasil terbang selama 11,4 detik.

Sejak diunggah empat hari lalu, sebanyak 375 ribu penonton telah menyaksikan rekaman itu dan menganggumi kerja keras anggota tim Gamera.


Lihat pemecahan rekor oleh helikopter bertenaga manusia itu di sini:





sumber :http://www.merdeka.com/dunia/video-helikopter-bertenaga-manusia-pecahkan-rekor-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar