Rabu, 05 September 2012

Update Jejak KAPAL TRADISIONAL INDONESIA


KAPAL GOLEKAN LETE


Spoiler for kapal golekan lete:

kapal ini berasal dari madura dan banyak ditemui di hampir semua pelabuhan besar pantai utara jawa-madura, terutama di pelabuhan kali mas, surabaya, jawa timur.
KAPAL MAJAPAHIT


Spoiler for kapal majapahit:

kapal ini dibuat berdasarkan relief yang ada di candi panataranan di jawa timur. Kapal ini menunjukkan kejayaan bahari kerajaan majapahit pada abad 13-15. Tiruan kapal ini diberi nama damar segara yang berlayar dari semarang menuju thailand.
KAPAL CADIK BOROBUDUR


Spoiler for kapal cadik borobudur:

kapal ini melambangkan kejayaan bahari kerajaan sriwijaya yang dibuat berdasarkan relief di candi borobudur, jawa tengah. Replika ini dibuat untuk menelusuri kembali jalur kayumanis (the cinnamon route) dari jakarta menuju ghana, afrika selatan, dengan jarak tempuh sekitar 11.000 mil laut dalam kurun waktu 6 bulan.

Nick burningham adalah seorang arkeolog maritim berkebangsaan australia yang tertarik dengan seni pembuatan kapal tradisional di indonesia. Selama kurang lebih 20 tahun nick burningham melakukan penelitian kapal tradisional di indonesia. Karya nick burningham yang terbesar di indonesia adalah merekonstruksi kapal borobudur berdasarkan relief kapal di dinding candi borobudur. Tetapi gagasan merekonstruksi kapal borobudur bukan berasal dari nick, melainkan philip beale seorang warga negara inggris yang terobsesi dengan relief kapal di dinding candi borobudur saat mengunjunginya pada tahun 1982. Phlip beale kemudian melayarkan kapal borobudur dari indonesia ke madagaskar diteruskan ke afrika barat bersama crew kapal borobudur yang ingin menjajal keperkasaan kapal borobudur dari berbagai negara diantaranya; amerika serikat, inggris, iran, afrika selatan, selandia baru, australia bahkan salah seorang produser film untuk bbc juga turut serta sebagai crew kapal borobudur.


Sebelum nick burningham dan philip beale merekonstruksi kapal borobudur, yoshiyuki yamamoto, seorang warga negara jepang yang kini menjadi expedition leader ekspedisi kapal spirit of majapahit indonesia to japan 2010, berhasil merekonstruksi kapal borobudur pada tahun 1992 dan melayarkannya ke jepang. Kini kapal borobudur yang dilayarkan dari indonesia ke jepang oleh yoshiyuki yamamoto disimpan di museum maritim osaka, jepang.

Saat ini kembali bangsa indonesia dikejutkan dengan kehadiran Japan Majapahit Association yang tertarik ingin merekonstruksi kapal peninggalan jaman kekaisaran majapahit. Lokasi rekonstruksi dipilih di sumenep berdasarkan alasan historis bahwa adipati sumenep arya wiraraja membantu raden wijaya saat mengusir pasukan mongol dari tanah jawa dan membangun kraton wilwatikta majapahit di hutan tarik.
KAPAL NADE

Quote:Spoiler for kapal nade:

kapal asal sumatera ini merupakan armada pelayaran yang meliputi wilayah sumatera, selat malaka, dan perairan laut kalimantan.
Info terakhir yang ts dapatkan, kapal nade ini berjasa saat terjadi bencana tsunami di mentawai kemarin. Oleh pemerintah kabupaten mentawai mengerahkan kapal nade ini untuk mengangkut bantuan kemanusiaan untuk korban tsunami mentawai.

KAPAL LANCANG KUNING

Spoiler for kapal lancang kuning:


lancang kuning berlayar malam ...... Haluan menuju ke laut dalam ....... Kalau nakhoda kuranglah paham ........... Alamatlah kapal akan tenggelam.
taukan lagu itu?? Lagu khas riau...!

Lagu lancang kuning itu adalah lagu rakyat yang sangat populer di riau, negeri yang dijuluki bumi lancang kuning. Dalam sebuah versi sejarah melayu, kapal lancang kuning yang legendaris itu tenggelam di tanjung jati, perairan bengkalis. Tak terurai dengan jelas apakah musibah itu akibat human error ataukah karena keganasan alam yang tak teratasi oleh kemampuan seorang anak manusia.


Perahu lancang kuning berasal dari rumpun dan daerah melayu. Pada zaman dahulu, perahu lancang kuning merupakan lambang kekuasaan kerajaan dan digunakan sebagai perahu resmi kerajaan siak sri indra pura. Menurut legenda, pemilik perahu lancang kuning adalah seorang putri dari kerajaan melayu. Setiap perahu lancang kuning berlayar maka akan selalu didampingi oleh pengawal dan pengayuh dengan pakaian berwarna kuning. Saat ini perahu lancang kuning hanyalah tinggal legenda dan diabadikan menjadi mascot pemerintah daerah propinsi riau.
KAPAL PAPUA


Spoiler for kapal papua:

replika kapal asal papua ini dibuat berbeda dengan kapal-kapal dari daerah lain. Bentuknya besar, panjangnya tak kurang dari 15 meter. �jayapura 02�, demikian nama itu terpahat di badan kapal ini. Di bagian hulunya terpancang patung ayam jago dari kayu. Tapi selebihnya tak ada keterangan apapun mengenai kapal papua ini.

Suku asmat; suku-suku di papua berada di pesisir pantai dan di pelataran gunung. Pola hidup mereka juga berbeda. Misalnya suku asmat melaut adalah suatu mata pencaharian mereka. Selain itu perahu tradisional juga sebagai alat transportasi mereka dalam segala kebutuhan mereka.

KAPAL PLEDANG


Spoiler for kapal pledang:

perburuan paus dilakukan sepanjang tahun, namun pada musim leva (musim melaut) semua pledang wajib untuk berlayar dan berburu paus. Musim leva sendiri jatuh sekitar bulan april sampai oktober.

Dalam satu pledang masing-masing kru mendapat tugas dan sebutan khusus. Pelempar tombak disebut lamafa, tugasnya menghujamkan tempuling (tombak khusus) tepat pada titik lemah ikan paus. Lamafa berdiri dianjungan perahu, dan dibantu oleh seorang asisten yang mengatur pergerakan tali di belakangnya.


Pendayung pledang disebut matros atau abk. Sedangkan nahkoda atau yang disebut lama uri duduk di buritan kapal, tugasnya memegang kemudi dan mengendalikan arah pledang.


Semua daging paus dibagi rata berdasarkan hukum adat. Termasuk didalamnya kewajiban memberi bagian kepada kaum jompo dan janda-janda. Khusus hati paus hanya diberikan kepada lamafa dan pemilik pledang yang pertama kali berhasil menikamkan tempuling ke tubuh paus.
KAPAL JUNG


Spoiler for kapal jung:

kapal jung adalah sejenis kapal layar, yang banyak terdapat di perairan asia tenggara sampai ke pantai timur afrika.

para pelayar jawa


"orang jawa sangat berpengalaman dalam seni navigasi. Mereka dianggap sebagai perintis seni paling kuno ini. Walaupun banyak yang menunjukkan bahwa orang tionghoa lebih berhak atas penghargaan ini, dan menegaskan bahwa seni ini diteruskandari mereka kepada orang jawa."


demikian tulis diego de couto dalam buku da asia, terbit 1645. Bahkan, pelaut portugis yang menjelajahi samudera pada pertengahan abad ke-16 itu menyebutkan, orang jawa lebih dulu berlayar sampai ke tanjung harapan, afrika, dan madagaskar. Ia mendapati penduduk tanjung harapan awal abad ke-16 berkulit cokelat seperti orang jawa. "mereka mengaku keturunan jawa," kata couto, sebagaimana dikutip anthony reid dalam buku sejarah modern awal asia tenggara.


Tatkala pelaut portugis mencapai perairan asia tenggara pada awal tahun 1500-an mereka menemukan kawasan ini didominasi kapal-kapal jung jawa. Kapal dagang milik orang jawa ini menguasai jalur rempah rempah yang sangat vital, antara maluku, jawa, dan malaka. Kota pelabuhan malaka pada waktu itu praktis menjadi kota orang jawa.


Di sana banyak saudagar dan nakhoda kapal jawa yang menetap, dan sekaligus mengendalikan perdagangan internasional. Tukang-tukang kayu jawa yang terampil membangun galangan kapal di kota pelabuhan terbesar di asia tenggara itu. Bukti kepiawaian orang jawa dalam bidang perkapalan juga ditemukan pada relief candi borobudur yang memvisualkan perahu bercadik - belakangan disebut sebagai "kapal borobudur".



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6390097

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar