Rabu, 26 September 2012

The Next generation Intel Core i Setelah Ivy Bridge

Sekedar informasi untuk agan2 penggemar & pcinta teknologi sperti ane , bahwa perusahaan raksasa Intel akan mengembangkan teknologi prosesor nya dari core i setelah sebelumnya ivy bridge kali ini codename untuk generasi keempat tersebut adalah Haswell, yg digadang-gadangkan memiliki kecepatan 10% lebih cepat dari generasi sebelumnya ivy bridge di clock yg sama. Pasangan chipset unutk prosesor Haswell dari intel trsbut adalah Z87 yg tertinggi srta H87 yg trndah yg mrupakan chipset generasi ke-8 Intel. Teknologi dari Intel tersebut akan di release 2013 mendatang.

Untuk penjlasan yg lbih lengkap silakan baca d bwah ini
Spoiler for Intel Haswell:

Generasi keempat dari seri prosesor 'Core i' dari Intel dengan codename Haswell, akan menjadi salah satu langkah besar dalam pengembangan prosesor mereka.

Mari kita lihat kembali perkembangan keluarga prosesor 'Core i'; Intel memulai seri 'Core i' pertamanya dengan nama Conroe/Merom yang masih menggunakan 65nm, dilanjutkan dengan Nehalem dengan 45nm, Sandy Bridge dengan 32nm, dan yang terakhir Ivy Bridge dengan 22nm. Haswell akan menjadi penerus dari Ivy Bridge juga dengan 22nm, sebelum melanjutkan ke Broadwell dengan 14nm, yang didasari oleh arsitektur Haswell.


Intel juga menyatakan jika Haswell akan 10 persen lebih cepat dari Ivy Bridge pada clock yang sama, yang merupakan hasil dari prototype Haswell. Para enthusiast user juga tampaknya akan menunggu Haswell karena Intel telah memberikan kisi-kisi jika overclocking dari Haswell akan lebih baik dari Sandy Bridge.


Jika semua berjalan sesuai rencana, Haswell akan menjadai prosesor yang sangat menarik untuk dibeli di kuartal kedua atau antara bulan April hingga Juni 2013 tahun depan.
Spoiler for chipset pendukung:

Intel Haswell baru akan melakukan debut pada Q2 2013 mendatang, dan Rev-id sudah pernah membahas kecepatannya.

Intel Haswell sendiri akan menggunakan socket LGA 1150 terbaru, yang tentunya membutuhkan chipset baru sehingga berarti Anda harus mengganti motherboard untuk menggunakan Haswell.


Motherboard ini nantinya akan menggunakan chipset seri 8 yang merupakan penerus dari motherboard seri 7 Intel yang digunakan untuk Ivy Bridge maupun Sandy Bridge.


Kasta tertinggi dari chipset seri 8 ini nantinya akan bernama Z87 -yang digadangkan sebagai chipset terbaik untuk melakukan overclocking-, memiliki PCIe 1x16, 2x8 atau 1x8 + 2x4 line. Chipset terbaru ini juga akan memiliki integrated voltage regulator, I/O port (SATA, USB 3, dan PCI-e), dan tentunya port ke monitor yang di-support oleh Haswell. Port ke monitornya sendiri akan memliki triple display, HDMI, DVI, Display Port, eDP dan tentunya VGA/D-Sub.


Intel juga akan memperkenalkan Rapid Storage Technology 12 yang memiliki fitur fast sync streaming, teknologi Lake Tiny, UEFI fast boot, SATA 6 GB/s, Raid 0/1/5/10, rapid recovery, teknologi smart responsive dan tentunya TRIM yang dapat digunakan pada konfigurasi SSD Raid 0.

Seri yang lebih rendah yaitu H87, akan memiliki 14 USB dimana 4 diantaranya merupakan USB 3.0, 6 buah SATA 6Gb/s dan PCI-express. Dari kabar yang beredar, H87 juga dapat melakukan overclocking dengan baik.


Chipset ini diperkirakan akan siap pada Q1 2013 agar pada produsen motherboard dapat bersiap dan memproduksi motherboard seri 8 mereka untuk mengakomodir peluncuran prosesor Haswell yang akan diluncurkan pada Q2 2013.

UPDATE
Jadwal peluncuran Haswel versi mobile PC
Spoiler for buka:




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16369711

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar