Minggu, 16 September 2012

Sit-up VS Crunch: Mana yang Lebih Ampuh Kecilkan Perut?



Ada banyak gerakan dalam olahraga yang difokuskan untuk mengecilkan atau meratakan perut, namun yang paling populer saat ini adalah sit up dan crunch. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, maka pilihnya yang sesuai kebutuhan.

Perbandingan untung-rugi antara 2 gerakan yang hampir mirip yakni sit up dan crunch adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Livestrong, Minggu (16/9/2012).





1. Sit-up

Gerakan sit up dilakukan dalam posisi berbaring, lutut ditekuk dengan ujung kaki menapak ke lantai dan posisi tangan di samping telinga atau di depan dada. Dengan kekuatan otot perut, tubuh bagian atas diangkat ke atas sehingga bergerak mendekati lutut.







Kelebihan:
Tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan sit up relatif paling besar dibandingkan gerakan lain, yang artinya lebih banyak kalori yang dibakar. Otot perut bagian atas atau disebut rectus obdominis bekerja paling keras sehingga efeknya paling terasa di bagian tersebut.

Kerugian:
Butuh alat atau partner latihan untuk menahan kaki agar tetap menapak ke lantai. Selain itu, banyak yang mengeluhkan sakit punggung saat melakukan gerakan ini dan rasa sakit yang timbul kadang tidak sebanding dengan hasil yang didapat.

2. Crunch

Ada berbagai variasi gerakan dalam crunch seperti bicycle crunch dan sebagainya. Hampir mirip dengan sit up karena dilakukan dalam posisi berbaring, bedanya adalah rentang gerakannya lebih sempit dan posisi kaki tidak menapak ke lantai melainkan diangkat bersama-sama dengan tubuh bagian atas.







Kelebihan:
Gerakan otot perut tidak sekedar mengencang dan mengendur tetapi juga memanjang dan memendek sehingga lebih dinamis. Namun yang paling penting, asal dilakukan dengan alas yang nyaman gerakan ini tidak terlalu membebani punggung dan tidak butuh partner latihan maupun alat untuk menahan kaki. Rasa sakit yang minimal juga sangat menentukan keberhasilan, sebab kalau tidak sakit biasanya cenderung tidak cepat bosan.

Kekurangan:
Karena belum sepopuler sit up, gerakan ini masih sering dilakukan dengan beberapa kesalahan sehingga tetap menimbulkan rasa sakit dan tidak efektif. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mendorong kepala terlalu ke depan, alih-alih mengangkat bahu dan dadanya mendekati lutut.

3. Kesimpulan

Harus diakui, sit up tidak selalu aman untuk semua orang. Beberapa orang yang memiliki masalah dengan otot dan tulang punggung tidak disarankan untuk melakukannya, mengingat tenaga yang dibutuhkan sangat besar dan rentan memicu cedera punggung.

Crunch relatif lebih aman dan nyaman meski hasilnya tidak akan kelihatan secepat sit up, terutama kalau gerakannya tidak dilakukan dengan benar. Bagi pemula, crunch lebih disarankan dan kalau otot-ototnya sudah cukup kuat baru beralih ke variasi gerakan lain yang lebih berat seperti sit up.

sumber :http://health.detik.com/read/2012/09/16/100628/2020868/766/sit-up-vs-crunch-mana-yang-lebih-ampuh-kecilkan-perut?991104topnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar