Jumat, 07 September 2012

Siapa sebenarnya yang copycat, Samsung atau Apple?


Apple menggugat Samsung Electronics dengan tuduhan telah menyalin desain iPhone dan juri Amerika Serikat menunjukkan "patriotisme" nya dengan memerintahkan perusahaan asal Korea itu untuk membayar kerugian senilai $1,05 miliar. Tidak hanya di Amerika saja, Apple juga telah melakukan hal serupa di pengadilan negara lainnya seperti Inggris, Belanda, Italia, Jerman, Perancis, Australia, Korea Selatan dan Jepang. Namun hampir semuanya menilai desain iPhone dan smartphone seri Galaxy dari Samsung tidak mirip.

Sebenarnya siapa yang meniru siapa? Dan siapa yang layak disebut copycat?

Sekarang, apa yang tampaknya menjadi sebuah memo internal dari Apple muncul untuk menunjukkan bukti yang sebenarnya - bahwa perusahaan asal Amerika itu telah menyalin desain milik Samsung dan LG Electronics.

Berdasarkan dokumen internal yang dipublikasikan oleh pengadilan Amerika Serikat, sebelum meluncurkan iPhone pada Januari 2007, Apple telah mempelajari desain ponsel dari Samsung Electronics dan LG Electronics waktu itu. Namun bukti ini ditolak oleh Hakim Federal Amerika Lucy Koh yang memimpin sidang ini dengan alasan terlambat, dan juri tetap dalam keputusannya bahwa Samsung Galaxy menyalin desain Apple iPhone.


Menurut dokumen internal Apple yang berjudul "3GSM Congress Trade Show Report" yang diungkapkan Selasa kemarin, Apple diketahui telah menganalisa desain dan fungsi ponsel yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung, LG, Nokia, Motorola dan Sony Ericsson, yang ditampilkan saat pameran dagang (trade show) tahunan Mobile World Congress (MWC) yang diadakan di Barcelona, Spanyol, pada awal 2006.

Beberapa ponsel yang dipamerkan pada MWC 2006 itu termasuk Samsung F700, LG KE850 Prada, Motorola Moto Q, dan Nokia N77. Sedangkan Apple meluncurkan iPhone pertama setahun berikutnya, setelah Samsung F700 dan LG Prada dirilis dipasar.

Sementara layar sentuh menjadi fungsi utama dari semua produk yang ditampilkan, memo dari Apple ini juga berisi gambar penuh dari sisi depan maupun samping dari ponsel Samsung F700 dan LG Prada dengan rincian ketebalan, lebar, dan ukuran layar. Kedua model ini tidak memiliki tombol konvensional pada muka depan, dan desain keseluruhannya termasuk ukuran layar sekitar 3 inci mirip dengan iPhone.

Apple tidak pernah menghadiri pameran bersama seperti MWC, CES, IFA atau yang lainnya, tapi selalu mengadakan acara sendiri. Namun Apple sebenarnya selalu peduli dengan desain dan produk dari pesaingnya. Setiap peluncuran iPhone atau produk lainnya, Apple - melalui Steve Jobs waktu itu - selalu tidak lupa untuk membandingkan dengan produk lainnya yang telah beredar di pasaran. Bahkan ketika didera skandal terkait antena pada iPhone 4 beberapa waktu yang lalu, (bukannya minta maaf kepada konsumennya) Steve Jobs malah sibuk membuktikan bahwa produk lain juga sebenarnya sama dan memiliki masalah yang sama.


Seorang eksekutif Samsung mengatakan, "[Dengan]Menggunakan memo Apple sebagai bukti, kita menjelaskan bahwa Samsung tidak menyalin iPhone tetapi membuat seri Galaxy yang didasarkan pada desain model sebelumnya seperti F700. Tapi pengadilan tidak menerima argumen kami."

"Dokumen terbaru ini menunjukkan iPhone pertama dari Apple agak dipengaruhi oleh smartphone Samsung dan LG. Apple juga memblokir permintaan Samsung untuk membawa mantan desainer Shin Nishibori untuk bersaksi. Beberapa bukti yang muncul menunjukkan Apple juga menyalin dari orang lain," kata eksekutif Samsung lainnya.


Nishibori yang asal Jepang ini sebelumnya mengatakan bahwa iPhone dipengaruhi oleh desain Sony.


Sumber :http://badaindonesia.blogspot.com/2012/09/siapa-sebenarnya-yang-copycat-samsung.html#.UEnuIKDkois

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar