Selasa, 18 September 2012

Serangan AS ke Iran akan Lebih Mahal daripada Perang Irak & Afghan



Nampaknya Amerika Serikat (AS) tidak bisa begitu saja melakukan serangan militer ke wilayah Iran, terkait dengan polemik soal program nuklir negara tersebut. Sebabnya, hasil laporan intelijen dan militer AS memperkirakan, serangan ke Iran memakan lebih banyak biaya dibanding serangan ke Irak dan Afghanistan yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Mengingat Iran memiliki wilayah yang lebih luas dan populasi yang lebih banyak, serta nasionalisme yang lebih kuat, kami memperkirakan pendudukan di wilayah Iran akan membutuhkan komitmen sumber daya dan personel yang lebih besar jika dibandingkan pengeluaran AS selama 10 tahun perang di Irak dan Afghanistan jika digabungkan," demikian bunyi laporan tersebut seperti dilansir Press TV, Selasa (18/9/2012).

Laporan intelijen dan militer AS tersebut menitikberatkan soal potensi penggunaan kekuatan militer AS di wilayah Iran. Laporan tersebut disusun dan didukung oleh lebih dari 30 mantan diplomat AS, pengamat keamanan dan pensiunan militer AS.





"Laporan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan pengaruh dan semoga pengaruh tersebut bisa menenangkan, tapi pengaruh apa yang dimaksud, hanya pembaca sendiri yang bisa menjawabnya," tutur mantan Duta Besar AS untuk PBB Thomas Pickering.

Mereka yang terlibat dalam penyusunan laporan ini antara lain Brent Scorcroft yang merupakan penasihat presiden bidang keamanan nasional era Presiden George Bush, mantan Wakil Menlu AS Richard Armitage, mantan Senator AS Sam Nunn dan Chuck Hagel, serta dua mantan Komandan Pusat Militer AS, Jenderal Marinir Anthony Zinni dan Laksamana Angkatan Laut William J Fallon. Laporan ini didasarkan pada sejumlah dokumen yang juga bisa diakses oleh publik, ditambah dengan sejumlah informasi intelijen rahasia.

Diketahui bahwa selama ini AS, Israel dan Uni Eropa mencurigai Iran diam-diam tengah mengembangkan program nuklirnya untuk kebutuhan militer. Berulang kali, Israel bahkan melontarkan ancaman untuk menyerang Iran dengan dalih negara tersebut sengaja mengembangkan senjata nuklir untuk digunakan militernya. Berulang kali pula Iran telah membantah tudingan-tudingan tersebut. Iran bahkan bersumpah akan membalas serangan yang diluncurkan ke wilayah mereka dengan lebih parah.

sumber :http://news.detik.com/read/2012/09/18/154627/2024449/1148/serangan-as-ke-iran-akan-lebih-mahal-daripada-perang-irak-afghan?991104topnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar