Minggu, 02 September 2012

Rahasia di Balik Tidur Siang


Sebuah penelitian baru menjelaskan bahwa tidur siang di kantor sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena dapat mengurangi stress dan detak jantung yang berlebihan, sehingga membuat kerja terhambat. Jadi tidur siang memiliki pengaruh yang penting dalam meningkatkan produktivitas dan mengurangi tingkat kematian.

Dr. Trichopoulos berkomentar, "Saya menyarankan jika memungkinkan lakukanlah tidur siang. Jika Anda mempunyai sofa di kantor, manfaatkanlah."

Setelah mengetahui hasil penelitian itu, kini beberapa perusahaan mengizinkan pekerja dan karyawan untuk tidur siang, karena dianggap dapat meningkatkan produktivitas. Bahkan ada yang membuat ruangan khusus untuk tidur siang sebagai bagian dari program kesehatan karyawan. Banyak karyawan yang silih berganti masuk ke dalam ruangan itu untuk tidur selama setengah jam. Ini dilakukan karena adanya anjuran dokter bahwa tidur siang dapat mengurangi stress dan membantu mempertahankan energi seharian penuh.

Terkait dengan tidur siang, Rasulullah saw. bersabda, "Tidur sianglah, karena setan tidak tidur siang." (H.R. Thabrani). Menurut Al-Jauhari, tidur siang itu adalah tidur sebentar di tengah hari (menjelang shalat Zhuhur).

Selain itu, menurut Rasulullah saw. tidur siang juga bermanfaat agar dapat melakukan sholat Tahajud, berdzikir, atau untuk belajar di malam hari.

Sungguh luar biasa, petunjuk Nabi Muhammad saw. baru terkuak oleh para peneliti, setelah berlalu 1400 tahun lebih.



Sumber :http://sekedar-tahu-aja.blogspot.com/2012/09/rahasia-di-balik-tidur-siang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar