Jumat, 07 September 2012

Para Mahasiswa ini Bantu Foxconn Bikin iPhone 5 di Libur Semester

Bingung mencari aktifitas pas liburan? Contoh saja para mahasiswa di Cina. Ribuan mahasiswa disinyalir ikut membantu perakitan pabrik Foxconn dalam pembuatan Apple iPhone5. Menurut laporan dari Shanghai Daily, di pabrik ini telah memperoleh jumlah pekerja memadai, yang sebagian merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Cina.

Aksi ini dilakukan oleh Foxconn setelah mereka mengalami kesulitan dalam mencari jumlah pekerja yang memadai untuk mengejar tenggat waktu peluncuran iPhone 5. Seorang mahasiswa jurusan komputer di Institut Teknologi Huayin mengatakan lebih dari 200 mahasis dari berbagai universitas telah diajak terlibat di pabrik.

Mereka mulai bekerja pada lini produksi Kamis lalu dan dibayar 1.550 yuan (US $ 243,97) per bulan untuk bekerja enam hari dalam seminggu. Sehari-hari mereka harus mampu bekerja selama 12 jam kerja selama enam hari dalam seminggu.

Salah seorang mahasiswa sempat menyebutkan keterlibatan pemerintah setempat dalam meminta bantuan kepada universitas. Sayangnya Foxconn tidak meminta ijin orang tua mahasiswa dan tidak menyediakan perjanjian tertulis yang bisa menguatkan posisi mereka. Bahkan libur semester sengaja dibuat pada awal semester, agar pelajaran mereka tidak tertinggal dari teman sekolahnya.



Sumber :http://www.jeruknipis.com/read/2012/09/07/para-mahasiswa-ini-bantu-foxconn-bikin-iphone-5-di-libur-semester

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar