Selasa, 18 September 2012

Mengapa Komputer Bisa Menggangu Tidur Anda?

"Mengapa Komputer Bisa Menggangu Tidur Anda?"

Mengapa Komputer Bisa Menggangu Tidur Anda? - Apakah Anda sering merasa sulit untuk mematikan gadget Anda sebelum tidur? Ternyata ketidakmampuan seseorang untuk mematikan gadget tersebut membuat kita lebih sulit untuk tidur pada malam hari. Hal ini merupakan jenis gangguan yang bisa menurunkan kesempatan anda untuk tidur lebih teratur dan mengakibatkan penurunan kondisi fisik anda.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Applied memberikan penjelasan – khususya pada lampu gadget, bagaimana cahaya tampilan gadget bisa meningkatkan risiko gangguan tidur. Perangkat yang memancarkan cahaya - ponsel, televisi, dan termasuk komputer - juga memancarkan gelombang pendek radiasi optik. Meskipun tidak bisa terdeteksi dengan mata telanjang, radiasi ini akan menekan tingkat melatonin alami pada tubuh, yang pada akhirnya merugikan kemampuan Anda untuk mendapatkan kualitas memejamkan mata.

Penelitian ini dilakukan di Lighting Research Center di New York Rensselaer Polytechnic Institute. Tiga belas peserta diteliti setelah mereka menerima kontak yang terlalu lama untuk berbagai tingkat kecerahan pada layar tablet. Mengapa Komputer Bisa Menggangu Tidur Anda? - Pada akhirnya, para peneliti menemukan bahwa selama dua jam atau lebih menerima cahaya dari gadget menghasilkan penekanan melatonin secara dramatis.

Penghambatan ini tidak hanya membahayakan kemampuan Anda untuk tidur. Penekenan terhadap melatonin sebelumnya telah dikaitkan dengan kanker dan obesitas, yang menjadikan intentisas cahaya yang tinggi dari laptop Anda ternyata memiliki dampak yang jauh lebih menakutkan.

Meskipun tidak mungkin untuk membayangkan hidup tanpa ponsel atau layar datar, jelas bahwa mematikan gadget Anda akan memungkinkan untuk tidur lebih baik. Jika anda berpikir dengan menghabiskan waktu tanpa perangkat teknologi akan membosankan Anda, maka kami sarankan untuk membaca buku (hanya bukan jenis elektronik).

Dengan lebih bijak dalam menggunakan teknologi kita punya harapan untuk meningkatkan kualitas hidup. Teknologi berasal dari industri yang juga menggunakan sumber daya alam dan rekayasa yang tak jarang menimbulkan sampah dan polusi. Warga bumi kini mulai menyadari pentingnya hidup sehat dan hijau demi bumi yang lebih baik. Bila berhenti untuk menggunakan teknologi terasa sulit, mungkin dengan membatasi pemakaiannya akan menjadi pilihan yang baik dan tentu saja akan lebih menghemat energi




sumber :http://sehat-aktif.blogspot.com/2012/09/mengapa-komputer-bisa-menggangu-tidur.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar