Minggu, 23 September 2012

Kiat Menciptakan Senyum yang Indah


Menciptakan Senyum yang Indah Serta Meningkatkan Kesehatan


Senyum yang indah bisa membuat orang lebih percaya diri dan menarik perhatian orang lain. Di dalam senyum yang indah terdapat tubuh yang sehat. Untuk itu ketahui langkah-langkah agar senyum tetap indah dan memiliki tubuh sehat.

Ketika seseorang memiliki senyum yang cerah maka akan memberikan kesan kesehatan yang baik, karena kesehatan mulut bida berdampak pada masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, kelahinran prematur serta disfungsi ereksi.

 
 
 Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menciptakan senyum yang indah serta meningkatkan kesehatan
 

1. Membatasi asupan karbohidrat
Karbohidrat akan dipecah menjadi gula sederhana yang nantinya diubah oleh bakteri dalam mulut menajdi plak (residu lengket yang jadi pemicu utama penyakit gusi dan gigi berlubang).

Karbohidrat dalam makanan seperti roti dan kerupuk cenderung bertekstur kenyal dan lengket sehingga mudah terjebak diantara gigi atau bawah garis gusi.

2. Jangan langsung sikat gigi setelah minum asam atau soda
Asam yang terkandung dalam minuman jika dikombinasikan dengan menyikat gigi bisa mengikis enamel gigi. Untuk melindungi enamel gigi ini sebaiknya konsumsi air atau mengunyah permen karet untuk mengaktifkan penetral asam dari air liur.

 


 3. Meningkatkan asupan vitamin C
Vitamin C memegang peranan untuk semua sel di dalam tubuh, karenanya penting bagi kesehatan jaringan gusi. Orang yang mengonsumsi vitamin C kurang dari 60 mg per hari memiliki risiko 25 persen lebih mungkin terkena penyakit gusi.

4. Menggunakan sedotan saat minum soda
Minuman soda dan energi mengandung asam seperti sitrat dan fosfat yang bisa mengikis enamel gigi, bahkan jika konsumsi yang bebas gula. Cobalah minum melalui sedotan yang diposisikan ke bagian belakang mulut sehingga membatasi kontak dengan gigi dan membantu melindungi enamel.

5. Konsumsi kalsium

Mineral kalsium tidak hanya membuat tulang kuat tapi juga melindungi gigi tetap putih, karena sekitar 99 persen kalsium dalam tubuh berada dalam tulang dan gigi. Studi menemukan orang yang konsumsi kalsium kurang dari 800 mg per hari cenderung mengembangkan penyakit gusi yang parah.

6. Lindungi gigi saat berenang
Air kolam yang diklorinasi berlebihan bisa mengikis enamel dan menimbulkan noda. Klorin berlebih dalam kolam renang bisa menurunkan nilai pH dan membuatnya berbahaya karena bersifat asam. Usahakan untuk menyikat gigi dengan pasta mengandung flouride setelah berenang lebih dari 1 jam.

7. Konsumsi apel setiap hari
BUah apel, wortel dan seledri bisa bertindak sebagai sikat gigi kecil ketika seseorang mengunyahnya, karena membantu menggosok noda di gigi yang membandel. Efek pembersihan dari apel ini tidak bisa langsung terlihat tapi terjadi secara perlahan-lahan.

Sifat dan kualitas dari apel yang asam dan dikombinasikan dengan daging buahnya yang kasar serta kaya serat membuatnya jadi makanan ideal untuk membersihkan gigi dan mencerahkan senyum. Usahakan untuk konsumsi segelas air setelah makan apel untuk membilas gula, asam dan plak yang terhapus dari enamel.



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12882931

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar