Rabu, 26 September 2012

Jangan Remehkan Sariawan, Awas Kangker Rongga Mulut!

  Rajin menggosok gigi, menghindari rokok dan alkohol, serta menghindari makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas adalah beberapa upaya untuk menghindari kangker mulut (Foto - ilustrasi)

Lokasi kangker di rongga mulut kerap menyulitkan penangan medis
JAKARTA, Jaringnews.com - Umumnya, banyak orang yang menyepelekan sariawan. Ini karena biasanya luka di rongga mulut atau bibir ini bisa muncul dan menghilang dalam waktu cepat.

Namun ternyata, sariawan yang terjadi berulang atau tidak sembuh-sembuh dalam waktu lama harus diwaspadai karena ada kemungkinan itu adalah salah satu gejala kangker rongga mulut atau oral cancer.

Kangker rongga mulut yang biasa terjadi ditandai oleh warna keputihan (leukoplakia) dan kemerahan (erythroplakia) pada sariawan dan luka. Gejala lainnya adalah rasa nyeri yang luar biasa di rongga mulut dan kelenjar getah bening di leher akan terasa sakit dan membengkak. Kangker rongga mulut umumnya diderita oleh orang dewasa dan lebih banyak diderita kaum wanita dibandingkan laki-laki.

Walau frekuensi kejadian kangker ini termasuk kecil dibanding jenis kangker lainnya, namun tingkat survial rate penderitanya juga jauh lebih kecil karena kangker ini tergolong jenis yang berbahaya dan sulit disembuhkan. Kecuali itu, banyak penderita yang meninggal karena sulit menerima asupan makanan, sebagaimana dikutip dari Health NYTimes

Keberadaanya di rongga mulut juga menyulitkan penangan medis. Jika benjolan kangker berada di sepertiga bagian depan lidah, maka masih dimungkinkan melakukan operasi. Namun, jika kangker berada di tempat yang terfiksasi, misalnya di langit-langit mulut, maka operasi menjadi sulit. Karenanya, untuk menghindari kangker rongga mulut jangan sepelehkan sariawan.

Solusinya, segeralah diobati atau perbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan serta hindari makanan yang mengandung bahan kimia dan lemak berlebih. Namun, jika tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, karena jika ditemukan pada stadium awal, kangker rongga mulut masih dapat disembuhkan.

Terpenting, menjaga kebersihan dan kesegaran rongga mulut menjadi suatu keharusan. Rajin menggosok gigi, mengontrol kesehatan gigi, dan menghindari rokok dan alkohol, serta menghindari makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas adalah beberapa upaya untuk menghindari kangker jenis ini.




sumber :http://jaringnews.com/hidup-sehat/medika/23904/jangan-remehkan-sariawan-awas-kangker-rongga-mulut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar