Senin, 10 September 2012

iPhone dan iPod Contek Produk Jadul

ipod vs iphone

(TEKNOBIZ - FYI) Kesuksesan produk Apple seperti iPod atau iPhone katanya tidak lepas dari desainnya yang bagus. Malah, Apple banyak mendaftarkan hak paten atas desain produknya dan menggugat pihak lain yang dinilai menirunya.

Akan tetapi benarkah desain ala Apple orisinal? Jika melihat gambar-gambar ini, mungkin saja perusahaan asal Amerika Serikat itu terinspirasi pihak lain.

Ya, beberapa produk Apple ternyata terkesan sangat mirip dengan beberapa produk yang sudah hadir di masa lalu, Senin (10/9/2012).

iPod dan iPhone


Meski tidak persis sama, pemutar musik digital iPod mirip dengan sebuah radio saku yang dibuat pada tahun 1958. Produsen radio tersebut adalah Braun, perusahaan manufaktur yang berbasis di Jerman.

Demikian juga dengan kalkulator di iPhone yang punya sedikit kemiripan dengan kalkulator besutan Braun. Yang paling kentara adalah desain tombol nomornya yang mirip.

Antara tahun 1950 sampai 1960an, Braun memang cukup banyak merilis produk elektronik. Saat ini, mereka lebih banyak memproduksi perangkat untuk rumah tangga.

iPod vs iPhone

iMac dan PowerMac

Produk lain yang tampak mirip dengan produk buatan Braun adalah iMac, kamera iSight dan komputer PowerMac. Seperti terlihat dalam gambar-gambar di sini.

apple MAC

Pengakuan Jonathan Ive

Jonathan Ive dikenal sebagai kepala desain produk Apple yang ikonik. Rupanya, ia memang pernah mengaku bahwa salah satu inspirasinya adalah desainer bernama Dieter Rams.

Dieter Rams adalah kepala desain Braun yang bekerja sekitar 30 tahun. Ive pernah memuji desain buatan Rams dalam sebuah buku hasil karya Rams yang berjudul, As Little Design As Possible.

"Apa yang dilakukan Dieter Rams dan timnya adalah memproduksi ratusan obyek desain yang bagus, produk yang diciptakan dengan cantik dalam volume besar dan diakses secara luas," sebut Ive.

iphone jadul



Sumber :http://teknobiz.co.id/news/FYI/2012/09/10/iphone_dan_ipod_contek_produk_jadul

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar