Selasa, 18 September 2012

Inilah 'Pabrik' Sushi Terbesar di Dunia



Sushi adalah primadona wisata kuliner di Jepang. Untuk mencicipi sushi kualitas prima, datanglah ke adalah Tsukiji Market di Kota Tokyo. Inilah pasar ikan sekaligus 'pabrik' sushi terbesar di dunia!

Masakan Jepang, terutama sushi, punya penggemar dari seluruh dunia. Para traveler pun tak mau menyia-nyiakan waktu mereka di Jepang tanpa mencicipi sushi asli Negeri Sakura itu. Untuk citarasa sushi nomor satu, datanglah ke Tsukiji Market yang berlokasi persis di tengah Kota Tokyo.



img

Daiwa Sushi, sushi bar di dalam Tsukiji Market



Tsukiji Market, atau lengkapnya Tokyo Metropolitan Central Wholesale Market, adalah pasar ikan dan hasil laut terbesar di dunia. Pasar ini sekaligus menjadi 'pabrik' sushi paling ternama di Jepang, karena bahan-bahan yang digunakan segar bukan buatan! Tak hanya sushi, ada juga menu sashimi yang tak kalah segar.

Tak sulit untuk mencapai Tsukiji Market. Dari Tokyo Station, naiklah Marunouchi Subway Line dari Tokyo ke Ginza (3 menit), lalu transit ke Hibiya Subway Line menuju Tsukiji Station (3 menit). Ongkosnya yaitu 160 Yen (Rp19.500)

Kalau penginapan Anda ada dekat Shinjuku Station, naiklah Oedo Subway Line langsung menuju Tsukiji Station. Waktu perjalanannya yaitu 20 menit dan harga tiketnya 260 Yen (Rp 31.000)


img

Proses pemotongan ikan tuna di Tsukiji Market




Tsukiji Market terbagi jadi dua area yakni pasar dalam (jonai-shinjo) dan pasar luar (jogai-shijo). Mengutip situs Japan Guide, Selasa (18/9/2012), pasar yang terletak di wilayah Tsukiji ini sudah mulai ramai pukul 03.00 dini hari. Anda bisa menyaksikan proses pemotongan dan penggilingan ikan di jonai-shinjo, melihat langsung berton-ton tuna beku dipotong menggunakan gergaji raksasa!

Eits, jangan beranjak pulang jika hari beranjak pagi. Para turis biasa memenuhi Tsukiji Market mulai pukul 05.30-08.00 waktu setempat untuk sarapan. Deretan warung menyuguhkan beragam sushi segar, bahannya langsung dari pasar!

Daiwa Sushi dan Sushi Dai adalah dua warung yang paling terkenal di Tsukiji Market. Jangan kaget kalau Anda datang, antrean sudah panjang! Tak jarang wisatawan harus mengantre sampai 3 jam untuk mendapat seporsi sushi dan sashimi yang luar biasa segar.

img

Donburi, salah satu menu khas di Tsukiji Market




Kalau bunyi keroncongan di perut sudah tak tertahankan, jangan patah harapan. Datanglah ke Sushi Bun yang menjual sushi dengan kesegaran yang sama. Ssst, warung ini sudah beroperasi selama 150 tahun lho! Sekarang, Sushi Bun dikelola oleh generasi ke-4, yang untungnya, bisa berbahasa Inggris sehingga memudahkan wisatawan untuk memesan.

Masih di Tsukiji Market, ada juga Nakaya Sushi yang terkenal dengan menu Donburi. Ini adalah semangkuk nasi panas yang diberi sashimi segar sebagai topping. Ada Toro (tuna), Ikura (salmon), dan berbagai jenis seafood lain.


img

Sushi Dai




Belum puas melahap sushi? Beranjaklah ke Iwasa Sushi, Sushi Maru, dan Ichiba Sushi yang masih berada di kawasan Tsukiji Market. Warung yang terakhir itu hanya menggunakan seafood kualitas prima sebagai bahannya. Masih kurang? Datanglah pada bulan Agustus saat berlangsung Seasonal Japanese Seafood di Tsukiji Market!



img

Suasana di dalam warung sushi



sumber :http://travel.detik.com/read/2012/09/18/161202/2024510/1383/inilah-pabrik-sushi-terbesar-di-dunia?991104topnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar