Minggu, 16 September 2012

Ingin Tubuh Bugar dan Sehat?? Perbanyak Sarapan Bergizi



Sarapan sebelum beraktivitas terkadang diabaikan. Padahal, sarapan di pagi hari kontribusinya tidak sedikit terhadap kebugaran seseorang. Memang, tanpa sarapan pagipun seseorang masih tetap bisa bekerja, namun seberapa jauh ketahanan fisik seseorang bila dibandingkan dengan yang sarapan pagi. Penelitian yang dilakukan pada anak sekolah menunjukkan bahwa anak sekolah yang tidak sarapan pagi konsentrasi belajarnya rendah.
Spoiler for Mengapa kebiasaan SARAPAN itu penting:


Karena lambung telah ditinggalkan oleh makanan selama 10-12 jam, sehingga bila lambung terisi kembali maka kadar gula darah akan meningkat kembali dan keadaan ini berpengaruh terhadap produktivitas kerja seseorang. Gula dalam darah merupakan sumber energi untuk bekerja yang diperoleh dari proses metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Dengan sarapan pagi, maka sumber energi dapat segera didapat sehingga kadar gula darah normal kembali. Kadar gula darah normal adalah 80 - 120 mg%.

Selain itu, jenis makanan yang dimakan pada waktu sarapan pagi sangat menentukan kestabilan gula darah. Sarapan pagi yang hanya terdiri dari karbohidrat saja seperti kue, roti, gula serta minuman maka akan menaikkan kadar gula dengan cepat, lalu turun dibawah normal setelah kurang lebih dua jam.

"Sarapan di pagi hari yang banyak mengandung protein dapat mempertahankan kadar gula dalam darah pada tingkat normal, dari pagi sampai sore hari," kata Supriyono, SKM, M.Kes, Pengamat masalah gizi masyarakat.

Dalam tulisannya di grup facebook Protein adalah zat pembangun yang merupakan komponen penting dalam siklus kehidupan manusia. Selain sebagai zat pembangun, protein diperlukan untuk mengganti dan memelihara sel tubuh yangrusak, proses reproduksi, mencerna makanan serta kelangsungan proses metabolisme dalam tubuh. Protein dibutuhkan adalah 12% dari total kalori sehari. Sumber protein adalah kacang-kacangan, telur, teri, ikan segar, ikan asin, daging, udang, susu, keju dan sebagainya.

Widyaiswara di Bapelkes Batam ini mengatakan oleh karena itu, untuk meningkatkan atau mempertahankan produktivitas kerja tidak berarti harus makan sebanyak-banyaknya, tetapi kualitas makanan amat menentukan."Biasakan sarapan secara teratur, serta tidak lupa memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi maka akan tercapai status kesehatan yang prima, yang pada akhirnya dapat meningkatkan atau mempertahankan produktivitas kerja


Spoiler for MANFAAT SARAPAN:


Sarapan membantu meningkatkan konsentrasi selama beraktivitas.
Untuk sarapan, seringkali kita memilih nasi ataupun roti. Baik nasi maupun roti sama-sama mengandung glukosa yang akan diserap oleh sel untuk dijadikan energi. Selain itu, sarapan juga bisa membuat mood kita agar lebih bagus.

Sarapan membantu mengontrol berat badan.

Sudah sering dibuktikan bahwa sarapan di pagi hari bisa membantu mengontrol berat badan. Apa sebabnya? Dibandingkan dengan orang yang tidak makan sarapan di pagi hari, orang cenderung makan banyak saat makan siang. Hal ini tidak bagus, lebih baik makan dalam porsi sedikit tetapi sering.

Mempererat rasa kekeluargaan.

Sarapan bersama keluarga berarti ada banyak hal yang bisa didiskusikan selama makan. Penelitian juga membuktikan bahwa keluarga yang sarapan bersama-sama mempunyai ikatan emosi lebih kuat dibanding dengan keluarga yang sarapan sendiri-sendiri.

Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres.

Riset membuktikan bahwa karyawan yang tidak sempat sarapan cenderung rentan mengalami stres. Sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung lebih bahagia dan lebih menikmati pekerjaannya.

Membuat lebih sehat.

Rajin sarapan membuat asupan vitamin yang dikonsumsi lebih banyak daripada orang yang tidak rajin sarapan. Seperti yang kita ketahui, makanan yang kita makan selama sarapan mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, D, E serta zat besi dan kalsium.

Meningkatkan memori dan konsentrasi

Sarapan yang sehat dapat memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan, meningkatkan memori dan konsentrasi, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan daya kerja

Sarapan yang bergizi dan penuh akan vitamin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya kerja.

Sarapan meningkatkan kekuatan dan ketahanan stamina saat beraktifitas, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan menyelesaikan masalah.


Sarapan membuat koordinasi yang baik antar panca indera, mengontrol berat badan, mengurangi kelelahan dan mengantuk saat beraktifitas.


Spoiler for Dua Jenis Sarapan Yang Buruk dan Efek Sampingnya:


Terlalu banyak Karbohidrat



Di pagi hari (jam 6-7 pagi), karbohidrat simple/sederhana seperti nasi, roti putih, mie, roti panggang akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan tubuh melepaskan insuliln yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat gula darah (karena habis terpakai dalam) darah yang terjadi sekitar jam 10-11 siang dan keinginan untuk makan lebih banyak lagi karbohidrat. Kemudian pada jam 12-13 anda makan siang, gula darah anda kembali naik drastis dikarenakan untuk mencerna nasi maka pankreas terpaksa harus memproduksi insulin lebih banyak lagi.

Tubuh kemudian kecapean dan gula darah menurun pada jam 4-5 sore, pada jam ini anda merasa lapar lagi dan ingin ngemil sesuatu yang berlemak tinggi. pada malam hari anda mengkonsumsi nasi lagi dan menyebabkan kadar gula darah naik kembali secara drastis. begitulah seterusnya yang akhirnya menurunkan tingkat metabolisme anda. Sehingga bangun tidur anda terasa pegal atau BAB tidak teratur, dll. kedua hal tersebut adalah beberapa hal akibat turunnya tingkat metabolisme tubuh kita.

Tidak Sarapan Pagi



Saat anda tidak sarapan, gula darah di pagi hari (jam 6-7 pagi) akan turun drastis di bawah normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan tergiur untuk mengkonsumsi karbohidrat simple/sederhana pada jam 9-11 siang, akibatnya level gula darah anda naik drastis. pada jam 12-13 anda makan siang dan gula darah semakin naik. Tubuh mengalami kecapean kerja pada jam 3-4 sore, anda mulai mengantuk dan gula darah anda turun, begitulah seterusnya siklusnya sehingga pada malam hari kadar gula darah anda justru akan menurun. Jika begini, anda akan mudah terbangun dimalam hari dan merasa lapar atau anda bermimpi/tidur tidak nyenyak. Hal ini juga salah satu tanda menurunnya tingkat metabolisme tubuh.


Kriteria Sarapan Sehat

Quote:
Sarapan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan:
  • Cukup nutrisi, vitamin dan mineral
  • Cukup Protein dan asam amino
  • Cukup karbohidrat kompleks (bukan karbohidrat nasi)
  • Cukup lemak baik
  • Cukup air putih

Sarapan seperti ini akan mencuplai tubuh kita nutrisi yang diperlukan sel tubuh, bukan sekedar lambung kita kenyang. Mendapatkan energi tanpa harus menaikkan hormon insulin dan menaikkan kadar gula darah setelah makan. Sarapan seperti ini menghindarkan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat simple (contoh: kalo gak makan nasi maka belum mantep dan belum dikatakan makan).

Dengan cara ini kita lebih bisa mengontrol nafsu makan kita seharian penuh. Keinginan ngemil pun akan berkurang. Sehingga tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak dan gula dalam tubuh untuk dibakar menjadi energi dan sumber energi.

  • Sarapan sehat akan memenuhi kebutuhan nutrisi sel tubuh kita selama seharian.
  • Sarapan sehat membantu mendapatkan energi yang baik sepanjang hari.
  • Sarapan sehat membantu tubuh kita mendapatkan air yang baik.
  • Sarapan sehat membantu menjaga gula darah kita tetap normal sepanjang hari.
  • Sarapan sehat membantu mendapatkan "mood" kerja kita dan mendapatkan konsentrasi kerja.
  • Sarapan sehat membantu mendapatkan tingkat kebugaran tubuh sepanjang hari.


sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16376580

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar