Senin, 10 September 2012

Ingat!! Hari Ini Tgl 8... Deteksi Berkala Payudara Anda...

Langkah praktis periksa payudara :

#LOOK

Lepaskan bramu dan berdirilah menghadap cermin. Dengan tangan lurus kebawah lihat payudaramu di cermin. Perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk pada payudaramu.
Angkat kedua tanganmu ke belakang kepala. Perhatikan ulang, apakah ada benjolan atau perubahan bentuk pada payudaramu.

#TOUCH

Dengan tangan kanan masih di belakang kepala, periksa payudara kananmu dengan tangan kiri. Tekanlah payudara dengan jari-jari tangan. Buatlah lingkaran mulai dari puting susu ke arah luar. Rasakan apakah ada benjolan atau perubahan yang tidak biasanya pada payudaramu. Lakukan hal yang sama untuk payudara kanan.
Pijat pelan bagian puting susu, lalu amati apakah ada cairan yang keluar. Apabila ada, perhatikan warnanya. Lakukan hal yang sama untuk kedua puting.

5. Berbaringlah dengan tangan kanan di belakang kepala. Letakkan bantal di bawah punggung kanan. Gunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara kanan. Rabalah seluruh permukaan payudara mulai dari puting susu kearah luar dengan gerakan memutar.

Rasakan apakah ada benjolan atau perubahan yang tidak biasanya pada payudaramu. Lakukan hal yang sama untuk payudara kiri.

#CHECK

Lakukan pemeriksaan dengan metode SADARI setiap bulan. Waktu terbaik melakukan SADARI adalah pada hari ke 7-10 sejak hari pertama menstruasi.

Jika ada pertanyaan pada langkah "Look" dan "Touch" yang jawabannya "Iya", segera periksakan ke dokter.

Anda dapat memeriksa payudara menggunakan USG, 3D Sonomammografi, Mammografi dan MRI. Konsultasikan kepada dokter untuk memperoleh alat yang tepat bagi kondisi Anda.

Perempuan berusia kurang dari 40 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan menggunakan USG, 3D Sonomamogram atau mammografi secara rutin setahun sekali.

Perempuan di atas 40 tahun dan memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga terdekat, memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara sehingga disarankan memeriksakan diri secara rutin enam bulan sekali.

Perempuan di atas 40 tahun dan pernah menderita kanker payudara, maka harus memeriksakan diri secara rutin sesuai dengan petunjuk dokter.



Sumber :http://www.mindtalk.com/ch/Healthly#!/post/504a6a7df7b73048b1004944

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar