Jumat, 14 September 2012

Indonesia, Pasar teknologi Superpower di Asia

Indonesia, sebuah negara dengan lebih dari 250 juta jiwa yang menempati ribuan pulau, telah menjadi sensasi dunia dengan pertumbuhan ekonominya. Memegang gelar sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar di nomor 4 di dunia, dan terbesar ketiga di twitter, Indonesia telah mendapatkan perhatian dari perusahaan teknologi global yang mencari kesempatan untuk berada di pasar Indonesia.

Beberapa analist bahkan menempatkan Indonesia sebagai “the next big thing” dalam hal pasar teknologi, tokoh dibalik SparxUp 2012, Konferensi Technologi terbesar di Indonesia, sependapat dengan pernyataan tersebut. Chairman Rama Mamuaya telah berjejaring dengan banyak sekali pihak yang tertarik untuk berada di pasar Indonesia yang luar, pasar mobile ataupun internet dan apapun yang berkaitan dengan keduanya.

“Kami ingin membawa pembicara-pembicara terbaik dari International dan juga pembicara lokal untuk mengisi kesenjangan pengetahuan diantara mereka, kami percaya apabila kesenjangan pengetahuan ini telah diatasi, industri teknologi di Indonesia bisa lebih cepat untuk maju.” Dinyatakan oleh Mamuaya.

Teruhide Sato, Group CEO of Netprice Japan mennyampaikan “dalam setiap domain di bisnis Internet, seperti marketplace, payment, comparison, B2C, Online Ad, affiliate, community, O2O, games dan lainnya, kami akan melihat kesempatan yang sama, bahkan jauh lebih baik lagi 5 tahun ke depan dengan besarnya jumlah generasi muda, dan kelas menengah yang terus bertambah”. Sato akan hadir di SparxUp 2012 untuk membawakan presentasi keynote dengan tema ekspansi pasar, secara spesifik di Indonesia.

Blaast, perusahaan teknologi mobile berbasis di Finlandia memprioritaskan Indonesia untuk peluncuran produk terbarunya. “Indonesia muncul sebagai salah satu negara superpower di Industry Mobile, kombinasi dari 240 juta populasi penduduknya yang muda dan sangat antusias terhadap teknologi dan infrastruktur yang terus berkembang menempatkan indonesia sebagai negara Mobile pertama yang sangat menarik. Tersimpan kesempatan yang sangat besar pada pasar ponsel non smartphone saat ini, begitu pula dengan demokratisasi yang terjadi di pasar Smartphone yang semakin dekat. Alasan inilah yang menjadikan kami memprioritaskan Indonesia” ucap CEO Blaast, Joonas Hjelt, salah satu pembicara keynote di Conference SparxUp 2012.

“Menurut pendapat saya, cara terbaik untuk menciptakan bisnis internet di negara ini adalah dengan menyebarkan model bisnis yang telah terbukti, dengan didukung oleh metode dan teknologi terbaru, seperti Open source, cloud, agile development, perangkat mobile yang
terjangkau dan diproduksi dan mendukung pasar dalam negeri, kemudian dipandu oleh entrepreners yang passionate dan inovatif” Sato menambahkan.

Matt Barrie, entrepreneur yang memiliki situs terbesar untuk para freelancer, Freelancer.com juga telah bergabung di SparxUp 2012 sebagai pembicara keynote dan sponsor. Hingga hari ini, lebih dari 2,5 juta proyek telah disalurkan dari pemilik proyek melalui situs Freelancer.com. Situs ini juga memenangkan Annual Webby Award sebagai Best Employment Site of the Year.

Selain speaker terbaik dari International, SparxUp 2012 juga mendatangkan pembicara dari lokal dengan pengetahuan yang luas tentang pasar lokal. Reza Prabowo, entrepreneur yang tinggal di Bandung akan membawakan materi pasar teknologi potensial diluar Jakarta. Saat ditanya mengenai mengapa Jakarta mendapatkan perhatian yang jauh lebih besar, Prabowo menyatakan “Jakarta selalu mendapatkan infrastuktur terbaru dan pertama, karena penyedia infrastuktur ada disana (Telco, ISP)”. Mengutip perlunya perhatian ke kota-kota lainnya sebagai pasar teknologi potensial.

Pembicara lokal lainnya adalah Ivan Hudyana dari Blibli.com. “Sebagai salah satu pemain asli Indonesia di Industri E-Commerce, kami berkomitmen untuk memfasilitasi tumbuhnya ide-ide baru dan Inovasi dari entrepreneur teknologi Indonesia” tambah Ivan, sebagai speaker Keynote dari Blibli.com, situs E-Commerce terdepan di Indonesia.

SparxUp tahun ini telah menjadi conference teknologi yang paling menarik dengan pembicara terbaik yang berkisar dari pengusaha, investor dan venture capitalist, dan professional di bidang IT yang akan membagi ilmu mereka ke audience. Conference ini terlalu menarik untuk dilewatkan, terutama kepada penggiat teknologi dan bisnis.



Sumber :http://blog.lintas.me/?p=4788

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar