Rabu, 26 September 2012

Entrepreneur Cerdas, Belajar dari Pengalaman Orang Lain


Nah, kali ini kita akan bahas tentang pengalaman, lebih khususnya belajar dari pengalaman orang lain gan. Apa aja sih alasan kenapa kita harus belajar dari pengalaman orang lain?! cekidot gan:
1. Gak perlu kecemplung di lubang yang sama

Agan jadi semakin baik dan faham tentang apa yang seharusnya dan yang gak seharusnya agan lakukan kalau agan mau berhasil. Agan gak perlu kecemplung di lubang yang sama karena sudah ada yang mengalaminya lebih dulu, tinggal bagaimana agan berusaha menghindari lubang itu.

2. Pengalaman itu bisa dibilang mahal gan
: Pengalaman butuh waktu dan butuh energi. Coba bayangkan, kalau agan mau punya pengalaman menjadi penjual mobil, agan harus nyemplung dengan berjualan mobil. Dengan terjun langsung menjadi penjual mobil agan akan tau kondisi lapangan, hambatan, tantangan dan segala tetekbengek-nya. Tapi, satu hal yang perlu difahami, belajar dari pengalaman gak mesti pengalaman kita sendiri gan, agan gak mesti mengalami semuanya dulu untuk dapat bejalar dari pengalaman.

3. Menghemat waktu dan energi

Agan gak mesti mengalami semuanya dulu untuk dapat belajar dari pengalaman, jadi agan bisa menghemat waktu dan energi agan untuk hal lain yang sifatnya strategis.


Nah, bagaimana caranya bisa belajar dari pengalaman orang lain, nih ada sedikit tipnya gan:


1. Temukan seseorang yang telah lebih dulu sukses mencapai tujuan atau pencapaiannya. Cari siapa seseorang yang agan anggap sukses, baiknya yang sesuai dengan bidang dan tujuan agan. Kita memang harus belajar dari orang yang sukses, karena orang sukses itu sudah pasti pernah mengalami kegagalan hingga akhirnya menemukan kesuksesannya.


2. Setelah dapet figur doi, lalu perhatikan perjalanan hidupnya dalam meraih kesuksesan. Agan bisa tiru bagaimana cara doi berpikir, bersikap dan bertindak.



3. Ambil pelajaran dari kegagalan doi sebagai proses menemukan kesuksesan. Perjalanan doi meraih kesuksesannya bisa jadi peta hidup buat gan. Sedikit banyak agan jadi tahu tentang kondisi di lapangan , bahkan sebelum agan terjun ke lapangan yang sesungguhnya.


4. Kolaborasikan pengalaman doi dengan potensi dan keterampilan agan, juga sesuaikan dengan kondisi di lapangan agar hasilnya lebih power full.


5. Perlu dicatat nih gan, belajar dari pengalaman orang lain, gak berarti kita cuma meniru tanpa
berkreasi dan improvisasi, gak berarti kita mengamati tanpa bertindak. So, pengalaman dari orang lain memang membuat kita jadi lebih tau, tapi gak bikin kita jadi ahli gan. Nah, Agan mau jadi sekedar tahu atau mau jadi ahli?! Kalau mau jadi ahli, yuk kolaborasikan semangat belajar dari 
pengalaman dengan tindakan, ACTION! 

Segitu dulu gan share kita kali ini, moga bermanfaat buat agan semua, n tunggu
thread kita selanjutnya ya gan, coz kita akan angkat profil pengusaha-pengusaha sukses di bisnisnya masing-masing. Nanti agan bisa ambil tuh ilmu dan pengalamannya buat bisnis agan. Ok.


sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13307730

1 komentar: