Selasa, 04 September 2012

Dua Juta Avatar Mendiang Munir di Twitter

foto

Sejumlah seniman dan aktivis yang tergabung ke dalam Sahabat Munir dengan melakukan aksi teatrikal dan penampilan musik di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (11/3). Belum tuntasnya penyelesaian kasus pembunuhan aktivis Munir masih menimbulkan kegelisahan sebagian kalangan masyarakat hingga gelombang tuntutan terhadap pemerintah dan aparat hukum hingga kini terus disuarakan. Tempo/Tony Hartawan


Hari-hari ini, tengoklah sejumlah avatar aktivis HAM, jurnalis, dan tokoh politik Indonesia di linimasa situs twitter. Ada wajah serupa yang berderet di sana: raut wajah Munir Said Thalib. Tiga hari lagi, 7 September 2012, adalah peringatan delapan tahun kematian aktivis legendaris ini.

Sejak tewas di atas pesawat Garuda 8 tahun lalu, kasus kematian Munir belum juga terungkap. Maka menjelang peringatan kematian Munir tahun ini, pembuat film dokumenter Dhandy D Laksono, berusaha mengingat kembali tragedi yang berawal di Bandara Changi, Singapura itu. Melalui akun ‏@Dandhy_Laksono, pada Ahad, 2 September 2012, ia menulis : Bila 10% populasi twitter Indonesia berkenan jd ''buzzer'' dgn memasang avatar ini, akan ada 2 juta ''Munir'' pekan ini.

Ide ini muncul di kepala Dandhy, sepekan lalu. "Tidak ada rapat, tidak ada koordinasi," ujarnya ketika dihubungi Selasa, 4 September 2012. Bahkan foto Munir yang digunakan Dhandy pertama kali pun dia ambil dari Google.

Dua juta Munir di Twitter, kata Dhandy adalah target realistis. Sebab saat ini pengguna jejaring berikon burung biru di Indonesia saja hampir 20 juta. "Perkembangannya luar biasa. Dua tahun lalu hanya 6 juta pengguna," ujar pembuat film dokumenter tentang Munir berjudul ''Kiri Hijau Kanan Merah'' ini.

Petang ini, situs salingsilang.com akan melaporkan hasil keriuhan lalu lintas twitter yang berhubungan dengan Munir.

Di media sosial, selain avatar wajah Munir, ada pula orang yang mencoba memelihara memori tentang Munir dengan memasang tagar #melawanlupa, #menolaklupa dan #8thnmunir. Cuit mereka macam-macam. Ada yang berisi tentang pengalaman pribadi bersama sang tokoh, ada pula serial tentang perjuangan Munir.

Sumber :http://www.tempo.co/read/news/2012/09/04/078427416/Dua-Juta-Avatar-Mendiang-Munir-di-Twitter

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar