Rabu, 05 September 2012

Cara mengatur pola tidur pemuda





Sebagian besar orang-orang banyak yang susah tidur.
Itu rata-rata terjadi pada kalangan anak muda yang selalu susah tiap tidur malam.
Alhasil, selalu tidur larut malam diatas batas kewajaran waktu tidur dan bahkan ada yang sampai tidak tidur sampai pagi tiba.
Penyakit susah tidur dan sering tidur larut malam ini sering disebut sebagai Insomnia.
Banyak efek samping dari penyakit ini, diantaranya adalah mulai terbiasa dengan keadaan seperti ini.
Nah, gimana sih caranya mencegah penyakit itu agar tidak terus-terusan tiap malam seperti itu.
Salah satu caranya dengan mengatur pola tidur kita.
Tiap orang tentu tidak menginginkan tidurnya larut malam terus bukan? Ini saya tulis karena berdasarkan pengalaman pribadi aja.
berikut cara mengatur pola tidur kita



1. Jangan mengonsumsi minuman kopi yang berlebihan. Kenapa? Karena kopi bisa menghambat rasa ngantuk kita.


2. Biasakan banyak melakukan aktifitas. Seperti apa? Olahraga, bekerja atau aktifitas lainnya. Mengapa demikian harus dilakukan? Karena ketika anda sudah tuntas melakukan semua aktifitas anda, tentu anda akan merasakan letih. Nah, pada saat letihlah anda membutuhkan sedikit istirahat dan mengalami ngantuk, apalagi yang aktifitasnya membutuhkan tenaga yang ekstra. Itulah yang mempercepat anda beranjak tidur. Semakin besar tenaga yang ikeluarkan dari aktifitas yang dilakukan, semakin cepat datangnya rasa ngantuk dan anda akan mudah tidur.


3. Jangan biasakan tidur siang. Kenapa? Karena jika anda melakukannya, otomatis rasa ngantuk anda berkurang di waktu malam nanti.


4. Biasakan tidur tepat pada waktu normal tidur malam, seperti jam 9. Jangan sampai lewat atau lebih dari jam segitu. Mengapa? Karena ketika anda sudah terbiasa tidur pada waktu lewat dari jam 9, seterusnya anda akan seperti itu dan susah untuk berhentinya.


sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9697768

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar