Selasa, 18 September 2012

[Berita, London] Ditemukan Monyet Berwajah Burung Hantu




Monyet ekor panjang (macaca fascicularis). ANTARA/Idhad Zakaria


TEMPO.CO, London - Satu spesies baru monyet ditemukan di Afrika. Mengutip laporan Dailymail, Selasa 18 September 2012, para peneliti menemukan jenis monyet yang memiliki wajah seperti burung hantu.


Masyarakat lokal di Afrika menyebutkan lesula. Nama latinnya Cercopithecus hamlyni atau monyet yang berwajah burung hantu.


Binatang ini pertama kali ditemukan pada tahun 2007. Ketika itu, seekor lesula betina muda menampakkan diri di rumah seorang direktur Sekolah Dasar di Republik Demokratik Kongo.


Selain memiliki wajah seperti burung hantu, lesula juga punya satu ciri khas, yakni bokongnya berwarna biru. Selebihnya, penampakan monyet ini masih sama seperti monyet kebanyakan, misalnya bulu berwarna cokelat.




"Bokong skrotum warna biru ini merupakan ciri dari lesula jantan," tulis peneliti John Hart.

Selain lesula yang sudah jinak, ada pula lesula liar dengan nama latin Cercopithecus lomamiensis. Lesula jenis ini banyak ditemukan di hutan dan memakan buah dan kuncup bunga.


Hart memperkirakan tidak banyak spesies lesula yang masih ada di hutan Afrika. "Ini adalah tantangan bagi konservasi di Kongo sebelum binatang ini musnah karena perburuan liar," ujarnya.


Kalau monyet ini mirip sama apa ya?

Spoiler for Mirip Apa ya?:



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16505479

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar