Selasa, 18 September 2012

Alasan Topeng Monyet Selalu Dinamakan Sarimin

Ada yang tahu kenapa nama Sarimin ini identik banget dengan topeng monyet. Padahal kan kasihan orang yang punya nama Sarimin. Kira-kira ada ga ya pengunjung blog ini yang namanya Sarimin? , hehehe... (Klo ada gw minta maaf)

Hampir seluruh monyet yang dipakai dalam pertunjukan topeng monyet jalanan itu bernama Sarimin... Selama saya melihat adegan topeng monyet ini, belum pernah saya menemui nama selain Sarimin.

Kenapa para pawang monyet itu nggak pake nama yang lebih keren seperti Robert, Budi, Iwan, Ratna, Silvi, atau Wahyu, atau yang lain mungkin. hehe..Barangkali saja nanti lebih laris manis pertunjukannya..
.
Dan juga pawang itu ga selalu teriak "Sarimin pergi ke pasar," tapi "Robert pergi ke pasar, atau "Silvi pergi ke pasar".

Nah dari cerita seorang teman, konon nama Sarimin itu berasal dari cerita turun temurun dimasa lalu. Asal muasal sarimin itu dimulai jaman dahulu kala topeng monyet belum ada.

Begini ceritanya :
"Ada seorang pengembara bernama sarimin, dia ini ingin memperoleh uang secara halal. maka dalam perjalanan itu dia memikirkan ide untuk mendapatkan uang, dan ketemu lah dengan kawanan monyet liar di hutan belantara..dan langsung aja si sarimin melatihnya dan menjadikan monyet ini sebagai sumber penghasilan uang."
Nah setelah sarimin ini meninggal, maka digantikan anak nya sebagai apresiasi perjuangan bapak sarimin ini maka setiap monyet yang dijadikan sbg sumber penghasilan bernama sarimin.

MAKALAH DINAMIKA YA TOPENG MONYET
Dimana mereka merasa pendapatan dari topeng monyet tersebut lebih banyak ... bahkan sampai perempatan jalan Bypass-Buah Batu, topeng monyet sudah ambil bagian di ... tidak bisa sepenuhnya mengenyampikan pola dan kebiasaan yang dulu. ... Di samping hal tersebut, pemukiman ideal masyarakat sekarang yang ...

DERITA SI TOPENG MONYET - GADIS
Belum lagi sekarang makin banyak topeng monyet yang beraksi di dekat jalan raya, yang ramai dan berisik. Padahal seharusnya kan monyet-monyet itu hidup ...

Mulai dari dering handphone (hape) sampai notifikasi social media (socmed) seperti ... By the way, saya melihat ada perbedaan antara topeng monyet yang dulu saya kenal ... Sekarang saya sering lihat topeng monyet di perempatan jalan, ...

25 Mar 2012 – Topeng Monyet, Dulu dan Kini ... Sekarang saya sering lihat topeng monyet di perempatan jalan, memanfaatkan waktu lampu ... Jadi, kerjakanlah sesuatu sampai selesai, apalagi yang rentan perubahan pikiran seperti ini :P ...

TOPENG MONYET, DULU DAN KINI
29 Mar 2012 – Sekarang saya sering lihat topeng monyet di perempatan jalan, ... Jadi, kerjakanlah sesuatu sampai selesai, apalagi yang rentan perubahan ...

BELAJAR DARI TOPENG MONYET
monyet, tapi ternyata di Madiun Alhamdulillah masih ada sampai sekarang :) ... Kalau zaman dulu, topeng monyet masih laku sekali dimata orang banyak. ... Kalau sekarang, tampaknya topeng monyet sudah mulai terlihat jarang ... orang yang mengambil jalan seperti itu *yaitu melatih topeng monyet*, ...

RISIKO DI BALIK PROFESI PENGEMIS TOPENG MONYET
29 Agu 2012 – Seorang pengamen topeng monyet, Durjana, mengaku khawatir dengan ... Aid Network (JAAN) terhadap beberapa monyet jalanan yang disita dari pengemis. ? ... Tetapi sampai sekarang ngk ada tindakan dari Pemda atau pun dari .... Kasihan si monyet, mau makan aja harus kerja dulu. padahal kalo dia ...
Tolak Topeng Monyet Sekarang Juga! - Page 6‎ - 10 Agu 2012
Topeng monyet lucu? Menurut saya KEJAM, Stop animal abuse ...‎ - 10 Apr 2012
Bule-bule Protes Aksi Topeng Monyet di Jalanan‎ - 18 Sep 2011

13 Jun 2012 – ... diadakan di kota Malang tepatnya di sepanjang Jalan Ijen Malang. Sesuai namanya, festival ini berisikan nuansa-nuansa Malang pada zaman dahulu. ... batik sampai-sampai topeng monyet pun juga pakai batik, hahaha.

ADA BADUT TOPENG MONYET DI PERAYAAN HARDIKNAS
3 Mei 2012 – Kita sekarang bisa baca-tulis 'kan hasil belajar di sekolah, jadi sudah ... Jadi ahirnya aku nonton dulu. ... Guru-guru, tua-muda, dan laki-perempuan turun ke jalan. ... Coba saja bayangkan, badut-badut topeng monyet itu menurut omongan ... mempermainkan dan menyiksa guru-guru sampai babak-belur…

TOPENG MONYET PENGHIBUR JUTAAN ANAK
16 Mar 2012 – Seringkali ketika melintas di jalan Djuanda, tepat di bawah jalan ... Pertunjukan yang dikenal dengan nama topeng monyet itu selalu ... Sampai hari itu pun tiba. ... utama dalam atraksi ini pasti dilatih terlebih dahulu sebelum pentas. ... atraksi topeng monyet tersebut, tapi setidaknya monyet itu sekarang tak ...

... tentu tahu kan topeng monyet yang sekarang banyak di pinggir-pinggir jalan ... pawang monyet dihajar dan dipukul terlebih dahulu sampai monyet merasa ...

Sampai saat ini sudah beberapa kali saya mengganti hp (handphone). ... bermerk Siemens c55 pemberian orang tua, maklum dulu saya masih belum ... Semua tentu tahu kan topeng monyet yang sekarang banyak di pinggir-pinggir jalan ...

Selamat jalan Ustadz semoga amal ibadahmu diterima dan dirimu ... Semua tentu tahu kan topeng monyet yang sekarang banyak di pinggir-pinggir jalan untuk ... pawang monyet dihajar dan dipukul terlebih dahulu sampai monyet merasa ...

... pelabuhan tertua di Jakarta, dari jaman dulu banget, sampai VOC, sampai sekarang masih berfungsi. ...

Topeng Monyet 2008 : Sarimin Ngemis Di Jalan!

detikTV : Monyet Jalanan, Penyimpangan Seni Topeng Monyet

Pertunjukan Topeng Monyet Jalanan - Only in Indonesia ... atraksi Monyet jalanan kreatif sih kalau dulu hanya ngamen dan meminta sekarang ... 2 menit2. lihat 'headline' email sampai dengan 30 email yang belum terbaca3.

23 Des 2011 – Karena begitu banyak ketrampilan yang dimiliki, sampai-sampai minta saweran ... Aku sering banget dulu nonton topeng monyet spt itu. .... rasane, satwa yang harusnya hidup di habitatnya malah sekarang jadi mesin uang.

9 Mei 2012 – Tidak usah marah-marah, bahkan sampai menuntut ke polisi. ... antara topeng monyet yang dulu saya kenal dengan yang sekarang saya sering lihat. Dulu ... Sekarang saya sering lihat topeng monyet di perempatan jalan, ...

Udah sekian lama gak pernah ngeh kalau ada topeng monyet manggung. ... Yap, memang hampir semua temen saya dari dulu sampai sekarang yang saya kenal .... Jalan macet total, dan gerbang akhirnya ditutup buat mobil atau motor.

Udah sekian lama gak pernah ngeh kalau ada topeng monyet manggung. ... Yap, memang hampir semua temen saya dari dulu sampai sekarang yang saya kenal .... Jalan macet total, dan gerbang akhirnya ditutup buat mobil atau motor.

2 Jun 2012 – Dulu waktu masih nyantumin tanggal itu di fb, ratusan orang memenuhi .... Dulu blogspot dan wordpress tidak semenarik sekarang dengan banyaknya theme. .... BBM, mainin iPod, baca buku, sampai akhirnya gwe tanpa sadar mulai ... Ada yang bilang kalau Topeng Monyet di jalan raya itu bahaya karena ...
Ada artikel baru tentang topeng monyet di Jakarta : The Masked Monkey of Indonesia. ... monyet yang dipergunakan untuk pertunjukan jalanan topeng monyet di Jakarta. ... Yang sekarang ini sangat amat lucu, moral dijunjung sampai pada titik yang ... Saya bakal milih untuk mikirin sesama terebih dahulu sebelum monyet.

31 Jul 2012 – Sedangkan pada kasus topeng monyet, Benvika, Koordinator Satwa Liar JAAN ... bahwa setiap harin ada 15-20 topeng monyet beredar di jalanan Jakarta. ... Indonesia dan Malaysia, yang sampai sekarang tercatat sebagai ...

28 Apr 2012 – Topeng monyet memang bukan sebagian dari budaya, karena topeng monyet ... topeng monyet mempertontonkan atraksi topeng monyet di pinggir jalan, ... sibuk mengejar kedudukan dan jabatan, sampai mereka lupa akan Tugas dan .... di Jakarta sekarang ini jangan hanya “hangat-hangat tahi ayam”.

TOPENG MONYET, EKSPLOITASI DIBALIK TAWA

13 Agu 2012 – Ketika Anda mendengarkan kalimat "Topeng Monyet" pasti Anda ... saya dan teman-teman selalu mengikuti sampai beberapa gang kemana pawang itu berhenti. ... 7 Jalanan Terpopuler Di Dunia • 5 Pesawat Tempur Remote Control Di ..... Tampilan Windows Dulu Sampai Sekarang • 10 Tokoh Pelopor ...

ALASAN KOMNAS HAM SEBUT LUMPUR LAPINDO KEJAHATAN
16 Agu 2012 – Anak-anak Obama, 4 Tahun Dulu dan Kini ... ada permintaan maaf dari orang yg korban lumpur jalan kaki dari Sidoarjo,.. lalu ... si ical mau jadi presiden? ngaca dulu pak pake kaca topeng monyet.... beresin dulu tuh ... ah.. omdo.. dari dulu juga dah masuk hukumlah apalah tapi tetap sampai sekarang gak ...

Namun kemeriahannya masih tetap terasa sampai sekarang. ... Selain karena ingin melihat-lihat dahulu, jalan menuju Pendopo Agoeng yang berjarak .... di beberapa sudut jalan juga terdapat pertunjukkan topeng monyet yang sangat lucu.

Sampai saat ini sudah beberapa kali saya mengganti hp (handphone). ... bermerk Siemens c55 pemberian orang tua, maklum dulu saya masih belum ... Semua tentu tahu kan topeng monyet yang sekarang banyak di pinggir-pinggir jalan ...

26 Jun 2012 – Lantai 2 ke atas sampai lantai tujuh bukan termasuk Industrial Affairs Sanofi ... tetapi suaminya orang bogor cenah, jadi dia sekarang mahir pisan basa sundana .... Jalanan itu tidak bersemen sehingga mereka bebas bermain apa saja seperti .... “Tuh kan ceuk urang oge, si Eki nonton topeng monyet dulu!




sumber :http://bersodagembira.blogspot.com/2012/09/alasan-topeng-monyet-selalu-dinamakan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar