Selasa, 18 September 2012

9 Gadget Jadul yang Penuh Kenangan


Tahun 1990-an, sudah cukup banyak gadget bertebaran di pasaran. Dari pemutar musik, ponsel dan tentu saja konsol game.

Beberapa gadget menuai popularitas besar. Dan menjadi kegemaran ataupun impian para remaja yang tumbuh di era tersebut.


Berikut 9 gadget era 1990-an yang mungkin membangkitkan kenangan tersendiri, seperti dikutip dari PCWorld.


Quote:
Originally Posted by gadget jadul

Spoiler for Walkman:

1. Walkman



Barangkali banyak remaja era tahun 1990-an yang merasa keren jika memiliki Walkman. Ketika itu, Walkman identik dengan pemutar musik portabel yang bisa memuat satu unit kaset.


Ya, Walkman adalah salah satu gadget paling ikonik yang diciptakan Sony. Sejak diperkenalkan pada tahun 1980-an, Walkman sukses memikat dunia dan telah terjual di kisaran 220 juta unit.


Saat ini, Walkman masih merek dagang Sony. Namun bentuknya sudah berupa pemutar musik digital yang canggih. Bagaimanapun, Walkman versi lama tampaknya lebih menancap di hati.


Spoiler for Tamagotchi:

2. Tamagotchi



Tamagotchi memang sangat populer pada tahun 1990-an. Perangkat ini dijual pertama kali di Jepang pada tahun 1996 dan langsung tenar, begitu pun di belahan dunia yang lain. Sampai tahun 2008, berbagai versi Tamagotchi telah terjual di kisaran 70 juta unit.


Permainan Tamagotchi mengharuskan pemainnya untuk merawat sebuah telur yang menetas menjadi peliharaan. Bergantung pada seperti apa pemeliharaannya, telur tersebut akan menjadi makhluk yang berbeda-beda.


Pada awal peluncurannya, interface Tamagotchi hanya berupa layar hitam putih saja. Namun dalam perkembangannya, keluar juga versi layar yang sudah berwarna.


Spoiler for Super Nintendo:

3. Super Nintendo



Konsol game Super Nintendo pernah jadi impian anak dan remaja yang lahir di tahun 1990-an. Konsol ini sukses menjadi konsol dengan penjualan terbanyak dalam era 16 bit.


Jumlah penjualannya diestimasi telah mencapai 49 juta unit. Super Nintendo juga dibekali banyak game bagus sejak awal kemunculannya di pasaran.


Seperti Super Mario World SimCity, dan Gradius III. Super Nintendo juga menjadi jawaban Nintendo yang kala itu bersaing keras dengan Sega sebelum kehadiran Sony dengan PlayStation.


Spoiler for Discman:

4. Discman



Sony kembali meluncurkan produk yang cukup ikonik di masa lalu, namanya Discman. Jika Walkman adalah pemutar kaset portabel, Discman dikhususkan untuk memutar CD.


Discman pun cukup populer. Perangkat ini sejatinya sudah masuk ke pasar pertama kali pada tahun 1980-an.


Kini, Discman memang sudah meredup karena dilindas pemutar musik portabel digital ataupun ponsel. Namun ia tetap menghadirkan kenangan tersendiri dalam perjalanan sejarah pemutar musik portabel.


Spoiler for Nokia 5110:

5. Nokia 5110



Perangkat ponsel mulai menapaki popularitasnya di akhir tahun 1990-an. Salah satu yang paling diminati ketika itu tentu saja adalah model Nokia 5110.


Ya, pada zamannya, ponsel ini cukup laris. Dengan casing yang bisa berganti-ganti sesuai warna kesukaan, Nokia 5110 sangat diminati kaum remaja dan penggunanya pun dianggap gaul.


Ponsel 5110 ini juga yang pertama dari Nokia yang telah menampilkan game legendarisnya, Snake. Cukup canggih pada zamannya.


Spoiler for Pager:

6. Pager



Sebelum ponsel merajai dunia, perangkat pager pernah mendapat tempat tersendiri pada zaman 1990-an. Orang yang memakainya pun dianggap ngetren. Sampai pernah ada band Indonesia yang menciptakan lagu tentang pager.


Teknologinya memang sederhana untuk ukuran zaman sekarang. Pager hanya punya layar kecil yang berguna untuk menampilkan beberapa karakter, misalnya pesan pendek.


Umur pager memang tidak bertahan lama karena kehadiran ponsel yang punya teknologi lebih canggih. Populer dalam waktu cepat, meredup pula dalam waktu yang singkat.


Spoiler for PlayStation:

7. PlayStation



PlayStation generasi pertama adalah konsol video game yang diidolakan di tahun 1990-an. Perangkat ini memang unggul dari para kompetitor, seperti di sektor grafis.


Playstation pertama kali diluncurkan di Jepang pada tahun 1990-an. Konsol ini mencatat rekor sebagai konsol pertama yang terjual 100 juta unit hanya dalam waktu sekitar 9 tahun.


Kehadiran Playstation membuat Sony cukup lama merajai industri konsol game. Sampai sekarang sudah hadir generasi ketiganya dan masih tetap populer.


Spoiler for Sega Genesis:

8. Sega Genesis



Sega Genesis atau Mega Drive tidak dapat dipungkiri adalah salah satu konsol game paling populer di tahun 1990-an. Sebelum Sega menghentikan produksinya tahun 1997.


Konsol ini populer di kalangan anak sampai dewasa. Bahkan sampai kini, masih banyak yang menjadikannya bahan koleksi.


Sega Genesis diperkirakan terjual di kisaran 40 juta unit. Game-gamenya pun populer, seperti Mortal Kombat yang sempat menghadirkan kntroversi karena kala itu dianggap terlalu brutal.


Spoiler for Game Boy:

9. Game Boy



Game Boy dirilis pertama kali oleh Nintendo pada tahun 1989. Ini adalah konsol game portabel yang mudah dibawa dan dimainkan.


Tidak lama sejak dirilis, Game Boy langsung diminati oleh para penggemar game. Tercatat, Game Boy dan Game Boy Color jumlah penjualannya total di kisaran 118 juta unit.


Beberapa model Game Boy kemudian dikeluarkan Nintendo. Perangkat ini termasuk salah satu yang paling sukses dalam sejarah mereka.



sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15642679

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar