Kamis, 16 Agustus 2012

INFO] Penyebab Pingsan Mendadak


.: PINGSAN MENDADAK :.
Quote:

Pada saat yang tidak terduga kadang seseorang mengalami pingsan secara mendadak, kondisi ini tentu bisa membuat panik. Sebenarnya apa saja yang bisa membuat orang pingsan mendadak?

Pingsan adalah kondisi tubuh yang tiba-tiba kehilangan kesadaran karena kurangnya aliran darah ke otak. Biasanya pingsan terjadi ketika seseorang mengalami kelemahan dan diikuti dengan hilangnya kesadaran.

Sebagian besar pingsan dipicu oleh saraf vagus, yakni saraf yang menghubungkan sistem pencernaan ke otak dan mengelola aliran darah ke usus. Saat makanan masuk, saraf vagus akan mengarahkan darah ke perut dan usus serta menariknya dari jaringan tubuh lain termasuk otak.

Sayangnya, saraf vagus kadang terlalu bersemangat sehingga menarik terlalu banyak darah ke otak yang bisa membuat tekanan darah turun akibat efek saraf vagus ini dan memicu pingsan.

Beberapa hal diketahui bisa menjadi penyebab seseorang pingsan mendadak...


1. Dehidrasi

Spoilerfor wow...:

Kurang minum membuat air dalam aliran darah menjadi sedikit yang membuat tekanan darah menurun serta merangsang saraf vagus ketika kadarnya sudah rendah yang menyebabkan tubuh pusing dan pingsan. Berbagai hal bisa menjadi penyebab dehidrasi seperti muntah, diare, luka bakar, kelelahan dan udara panas.


2. Pemicu psikologis

Kecemasan, gangguan panik, stres atau efek psikologis ketika melihat darah bisa merangsang saraf vagus yang pada beberapa orang bisa mengakibatkan hilangnya kesadaran.


3. Shock

Schok adalah suatu kondisi yang ditandai dengan tekanan darah rendah yang sering menyebabkan hilangnya kesadaran. Korban shcok kemungkinan besar mengalami kebingungan yang bisa memburuk jadi pingsan. Kondisi ini bisa terjadi akibat perdarahan, alergi parah atau infeksi.


4. Alkohol
Spoilerfor wow...:

Banyak orang kehilangan kesadaran akibat alkohol. Selain efek sedatif (menenangkan), alkohol juga membuat orang sering buang air kecil yang memicu dehidrasi serta melebarkan pembuluh darah yang dapat menurunkan tekanan darah.


5. Obat
Spoilerfor wow...:

Beberapa obat bisa memicu seseorang pingsan seperti obat nitrat (menurunkan tekanan darah dengan cepat), stimulan (menaikkan suhu tubuh) serta opiat (menurunkan tekanan darah dan memperlambat pernapasan).


6. Gangguan detak jantung
Spoilerfor wow...:

Jantung berfungsi memompa darah melalui pembuluh darah serta arteri dan dibutuhkan tekanan tertentu untuk mempertahankan aliran darah.

Jika jantung berdetak terlalu cepat atau lambat membuat tekanan darah tidak terjaga dengan baik sehingga aliran darah ke otak terganggu dan menyebabkan pingsan. Denyut jantung terlalu cepat jika lebih dari 150 denyut per menit dan terlalu lambat jika kurang dari 50 denyut per menit.



sumber :http://livebeta.kaskus.co.id/thread/000000000000000011977766/info-penyebab-pingsan-mendadak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar