Selasa, 24 Juli 2012

Mengenal Sedotan (Drinking Straw)


Tidak ada yang tahu pasti kapan ide sedotan ini pertama kali ditemukan namun demikian para sejarawan yakin bahwa sedotan sudah berumur sangat tua. Sedotan yang pertama kali di kenal adalah sedotan yang dibuat oleh bangsa Sumeria hal ini sesuai dengan penemuan sedotan pada sebuah makan Sumeria 3.000 Sebelum Masehi. Sedotan yang ditemukan ini terbuat dari tabung berbahan emas dan batu mulia (batu biru lapis lazuli). Konon sedotan ini digunakan untuk minum bir, hal ini mungkin untuk mengindari terbawanya bahan fermentasi yang tenggelam didasar gelas. Di Argentina dan beberapa negara disekitarnya juga sudah menggunakan sedotan selama ribuan tahun yang terbuat dari bahan logam dan di kenal dengan sebutan bombilla yang digunakan sebagai saringan saat meminum teh.

Spoiler for Sejarah Sedotan Modern:

Pada tahun 1800-an sedotan rumput rye (ryegrass) diperkenalkan karena murah dan lembut, tetapi memiliki kecenderungan hancur dalam cairan. Untuk mengatasi hal tersebut seorang Marvin Chester Stone memperkenalkan sedotan minuman modern yang kemudian dipatenkannya pada tahun 1888. Pada mulanya Marvin membuat sedotan itu dari rumput rye, gagasan pembuatan sedotan modern diawali ketika Marvin menikmati minuman mint julep saat musim panas di Washington DC, ternyata rasa minuman tersebut tercampuri oleh rasa dari rumput rye yang digunakan sebagai sedotan. Kemudian Marvin membuat sedotan dari kertas yang dibentuk pada pensil agar terbentuk tabung tipis dan diberi perkat pada sisi-sisi sambungannya. Pada saat digunakan ternyata perekat sambungan kertas cenderung hancur, maka memudian ia menyempurnakan sedotan dengan membangun sebuah mesin pelapis bagian luar kertas yang sudah dibuat sedotan dengan lilin, sehingga perekat tidak akan meleleh pada saat dimasukan kedalam minuman.

Spoiler for Siapa Marvin Chester Stone:

Marvin Chester Stone dikenal sebagai penemu sedotan modern. Ia dilahirkan di Portage County, Ohio pada tahun 1842. Ayahnya bernama Chester Stone, adalah seorang yang terkenal sebagai penemu berbagai mesin, termasuk mesin cetak/press keju dan mesin cuci. Marvin Chester Stone ternyata mewarisi kejeniusan bapaknya, terlihat dari artikel-artikel yang dibuatnya pada saat masih remaja. Dia adalah lulusan dari Oberlin College, namun terputus di tengah jalan karena terjadi perang saudara, kemudian melanjutkannya hingga lulus melalui kredit dan promosi.
Setelah kuliah ia mengikuti kursus teologis, namun ditinggalkan dan memilih pergi ke Washington untuk bekerja sebagai koresponden surat kabar selama beberapa tahun. Dalam hidupnya, ia menemukan sebuah mesin untuk membuat pipa rokok dan menjalin kontrak dengan Perusahaan Duke. Setelah itu ia mendirikan sebuah pabrik di Ninth Street, Washington. Dan ia membuat sebuah mesin pembuat sedotan kertas, yang terkenal digunakan untuk minum minuman dingin.
Namun karena sedotan yang terbuat dari kertas cenderung hancur saat digunakan maka selanjutnya ia bereksperimen dengan kertas manila terlapisi parafin, sehingga tidak akan menjadi lembek saat digunakan. Model sedotan pertama memiliki panjang 8,5 inchi atau sekitar 21,25 cm dengan diameter yang cukup lebar namun mampu mencegah biji-bijian seperti lemon agar tidak ikut terhisap dan bersarang ditabung. Penemuannya kemudian dipatenkan pada tanggal 3 Januari 1888. Tahun 1890, pabriknya kemudian lebih terfokus untuk memproduksi sedotan minum dari pada pipa rokok. Pada tahun 1906 Marvin mendirikan "Stone Straw Corporation" dan menciptakan mesin otomatis pembuat sedotan. Marvin Chester Stone meninggal di rumahnya di Jalan Columbia, Washington DC, pada 17 Mei 1899 setelah lama menderita sakit. Dia meninggalkan seorang istri dan seorang putra.

Spoiler for Jenis Sedotan Minuman:
Quote:
Sedotan modern terbuat dari bahan polypropylene. Bahan ini lebih disukai dari pada polystyrene, karena sedotan plastik polystyrene lebih rapuh dan cenderung mudah retak, merupakan bahan padat yang menyebabkan sedotan tenggelam ketika ditempatkan ke dalam minuman. Sedangkan sedotan polypropylene lebih tahan lama dan tidak tenggelam ketika ditempatkan ke dalam minuman.
Dibawah ini adalah jenis sedotan yang sering kita jumpai dipasaran, dilihat dari sisi bentuk dan fungsi:
  • Basic Straw berbentuk lurus tanpa lekukan sepanjang sedotannya. Ini adalah sedotan yang paling umum ditemukan dipasaran.
  • Bendable Straw atau Bendy Straw (di kenal di industri sebagai "sedotan diartikulasikan") memiliki engsel jenis concertina yang berada di bagian atas untuk kenyamanan saat menyedot minuman. Variasi ini diciptakan oleh Joseph Friedman pada tahun 1937.
  • Crazy Straw adalah sedotan dari plastik keras, rumit, transparan atau tembus pandang dan memiliki sejumlah twists/lekukan dari bawah sampai ke bagian teratas. Ketika cairan mengalir melalui sedotan, minuman akan mengalir melalui jalan berliku, dan menciptakan tontonan yang menarik.
  • Spoon Straw adalah sedotan yang salah satu ujungnya di bentuk sebagai sendok kecil. Hal ini dimaksudkan untuk mengambil makanan pencampur minuman atau untuk mengambil es krim.
  • Candy Straw disebut juga sedotan licorice (atau sedotan lico), yang dibuat dari beberapa jenis permen kenyal.
  • Miniature Straw adalah sedotan yang sering menempel di kotak minuman.
  • Wide Straw digunakan untuk memudahkan meminum bubble tea. Diameter yang lebih besar digunakan untuk menghisap bola tapioka (bola jelly) yang ada dalam minuman tersebut atau juga digunakan untuk mengaduk.
  • Sanitary Straw dibungkus secara individu untuk menghindari kontaminasi. Sedotan ini awalnya dipasarkan sebagai sarana bagi masyarakat untuk mengurangi resiko tertular penyakit dari wadah, gelas, atau cangkir yang dicuci tidak benar dan tidak bersih.
  • Sipahh Straw adalah sedotan yang berisi manik-manik rasa tapioka yang larut setelah dilewati susu, menambah warna dan rasa.
  • Cereal Straw adalah sebuah tambahan baru untuk keluarga sedotan seperti layaknya sipahh straw, seperti yang dibuat oleh Kellogg.
  • Special Color-Changer Straw adalah sedotan yang akan berubah warna ketika cairan dingin melewati sedotan, hal ini tersedia di restoran Friendly's yang biasanya disuguhkan bersama dengan makanan yang dipesan.
  • Extendo-Straw adalah sedotan yang disediakan dalam bungkus minuman plastik berupa sedotan miniatur, tetapi dapat diperpanjang untuk mencapai bagian bawah dari karton/box minuman.
  • Lifestraw adalah sedotan yang paling mahal dari jenis sedotan lain. Hal ini karena fungsi sedotan ini sangat baik untuk menyaring bakteri saat digunakan, dan bahkan mampu mensterilkan air yang diambil langsung dari tanah sekalipun.










sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15432079

Tidak ada komentar:

Posting Komentar